Jumat, 25 Maret 2016

Tipe-Tipe Orang Marah

Semua orang disni pasti pernah merasakan yang namanya marah. Ada yang meluapkan amarahnya dengan emosi yang membara. Ada yang meluapkan amarahnya dengan anarkis, ada yang meluapkan amarahnya dengan menangis.

Ada beberapa tipe orang pemarah, diantaranya adalah :

Kayu bakar
Ada tipe orang yang emosinya seperti kayu bakar. Biasanya tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang mudah terbakar emosinya. Sama seperti kayu, dengan mudah terbakar jika dia diberi api dan setelah terbakar dia hangus bagai arang. Tipe orang seperti ini biasanya mudah tersulut emosi ketika ada seseorang atau suatu hal yang memancing emosinya. Setelah terbakar, nyala emosinya begitu membara bahkan biasa juga membuat benda disektarnya hangus ikut terbakar. Namun setelah padam, kayu tadi menajdi arang, ini berarti orang tersebut adalah tipe orang yang memndam amarahnya hingga hatinya masih menyimpan dendam dan kesal meskipun emosinya sudah meluap.

Kertas
Kertas. Tentu kita semua tau kertas itu adalah benda tipis yang mudah sekali terbakar. Tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang hampir sama dengan tipe kayu bakar. Bedanya,  tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang mudah emosi namun mudah juga reda. Ibarat kertas dia mudah terbakar, namun tak lama, apinya bisa hilang begitu saja. Biasanya orang yang memiliki sifat seperti ini adalah orang yang mudah marah, tapi tidak menyimpan amarahnya dalam hati. Dengan mudah amarah yang ia keluarkan bisa lenyap bahkan hilang begitu saja tanpa tersisa.

Besi
Tipe orang seperti ini biasanya adalah tipe orang yang tidak mudah marah. Layaknya besi, besi adalah benda yang tidak mudah terbakar. Meskipun kita sudah memberikan minyak tanah sekalipun, besi tak akan mudah terbakar. Ia hanya merah dan menimbulkan panas. Namun hati-hati, ketika besi dipanaskan secara terus menerus, ia akan menjadi hitam. Dan besinya sendiri akan panas. Ketika kita pegang, bisa jadi besi itu akan membuat kita sakit. Biasanya tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang sulit untuk meluapkan emosinya. Namun setiap sesuatu yang membuatnya emosi,  dia simpan dalam hatinya. Dia memang tidak menunjukan emosinya, namun dia simpan dalam-dalam emosinya, hingga setelah emosinya terkumpul besi itu bisa menimbulkan hawa panas. Hingga suatu saat ketika kita mencoba "memegangnya" kita akan terluka karena besi itu terlalu lama di "panaskan".

Batre
Kenapa batre? Sejak kapan batre bisa digunakan untuk membakar? Bukan untuk dibakar, ini hanya ibarat saja. Batre adalah benda yang terlihat kokoh. Dia dibungkus oleh kulit yang bagus dan kuat. Dari penampilan luarnya dia bisa terlihat gagah dengan bungkus luarnya. Tapi, ketika dia terbakar, dia bisa meledak. Bahkan dia bisa melukai orang-orang disekitarnya. Dia bisa memberikan ledakan, tidak besar memang tapi cukup membuat semua orang kaget akan ledakannya. Namun apa yang terjadi saat dia meledak? Dia hancur, sudah tak berbentuk lagi, bahkan kulit yang kokoh membungkusnya pun sudah ikut hancur. See? Biasanya tipe orang seperti ini memang jarang kita dapatkan. Tapi ada saja tipe orang seperti ini, biasanya dia terlihat rapih dengan bungkus luarnya, namun ketika emosinya terbakar dia bisa saja "meledak" dan membuat orang disekitarnya terluka. Hingga ketika dia meledak, biasanya dia sudah tidak memiliki lagi "nilai".

Ban
Kenapa ban? Karena ban juga bisa digunakan sebagai bahan bakar. Biasanya ban digunakan saat ada demo. Massa menggunakan ban dengan tujuan menimbulkan api yang cukup membara dan menimbulkan nyala api yang besar dan juga lama. Selain itu, biasanya ban juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang bisa dimanfaatkan oleh oknum. Kenapa seperti itu? Karena ban lazimnya digunakan untuk tindakan demo atau tindakan anarkis lainnya. Jadi tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang dengan mudah dimanfaatkan orang lain. Dia mudah terhasut. Ketika emosinya sudah terbakar, dia terus dihasut hingga emosinya membara, bahkan tak jarang emosinya juga disertai dengan kata-kata kotor yang tak seharusnya dikeluarkan.

Rasulullah bersabda:”Bukanlah orang yang kuat itu orang yang selalu menumpaskan orang lain, sesungguhnya orang yang kuat itu adalah orang yang dapat mengawal diri ketika marah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw bersabda :"Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Ta’ala akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya."

Kurang lebih seperti itulah tipe-tipe orang ketika marah, ada yang bisa menahan amarah? Jika dia mampu menahannya maka dia termasuk orang yang kuat di mata Allah.
trus kita masuk tipe yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar