Senin, 04 April 2016

Belajar dari Masa Lalu, Hiduplah pada Masa Kini

Belajarlah dari Masa lalu, hiduplah pada masa kini dan rencanakan masa depan. Itu adalah salah satu tema yang ada dalam buku Dr. ibrahim Elfiky tentang "Tujuh Prinsip Berfikir Positif".
Ini menarik buat saya, karena ternyata salah satu prinsip untuk kita berpikir positif adalah dengan belajar dari masa lalu.

Mengapa kita harus belajar dari masa lalu, karena masa lalu bisa saja mengajarkan kita untuk mengambil pelajaran dan hikmah dalam setiap kisah yang sudah kita lewati. Dan tujuan akhirnya tergantung kita. Apakah kita akan menyesal dan terus meratap? Atau kita akan memantapkan hati untuk terus melangkah?

Terkadang, cerita dimasa lalu menghadirkan satu kisah atau satu pembelajaran kepada kita. Tidak usah terfokus dengan masalah yang terjadi di masa lalu. Tapi fokuslah untuk mengambil hikmah agar kejadian dimasa lalu tidak terulang lagi dimasa kini. Meskipun mungkin dulu, di masa lalu kita sempat mengalami kegagalan. Tapi sejatinya kegagalan itu tidak ada. Yang ada hanya dampak dan akibat. Tanyakan selalu pada diri kita, apa hikmah yang bisa diambil dari kejadian di masa lalu?. Maka jika ingin terlepas dari masa lalu, yang harus diperhatikan adalah perhatikanlah perilaku kita dan perbaiki. Kemudian susun rencana baru yang lebih baik dan lakukan dengan konsisten.

Untuk masa kini, hadapilah dengan segenap pikiran positif. Hadapilah dengan penuh rasa cinta kepada Allah. Bisa jadi ini adalah perjalanan terakhir kita. Jangan sampai kita terlena menunggu masa depan yang belum datang. Dengan demikian kita akan merasakan hidup ini berjalan dengan normal dan stabil. Jalani hidup ini dengan penuh ketulusan untuk beribadah kepada Allah. Libatkan Allah dalam segala urusan.

Jadikan masa lalu sebagai pelajaran hidup untuk menjadi lebih baik, jadikan masa kini sebagai jalan untuk menuju masa depan yang lebih indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar