Kamis, 26 Februari 2015

Ko Mengeluh?

Mengeluh memang sifat manusia yang tidak bisa dipisahkan. Mengeluh Itu manusiawi, tapi kalo terus-terusan mengeluh itu tandanya tidak mensyukuri apa yang telah Allah beri.

Terkadang kebanyakan dari kita terlalu banyak menuntut tanpa kita sadari kita lupa untuk menjalankan hak kita. Kita terlalu banyak meminta hingga kita lupa untuk memberi. Kita terlalu banyak mengeluh hingga kita lupa untuk bersyukur. Kita terlalu banyak menerima tapi kita lupa berterimakasih, kita terlalu sibuk memikirkan apa yang kita inginkan hingga kita lupa dengan apa yang telah kita dapatkan.

Tak sadarkah kita, terkadang kita lupa, kita selalu meminta kepada Allah agar rezeki didatangkan lebih banyak dan cepat. Tapi bagaimana mungkin rezeki bisa datang cepat jika sholat saja sering terlambat?

Tak sadarkah kita meminta kepada Allah untuk memenuhi keinginan kita, padahal kita sendiri malas untuk memenuhi perintah Allah.

Tak sadarkah kita terkadang kita meminta Allah untuk segera mengabulkan doa-doa kita, tanpa kita sadari kita pun masih lalai untuk segera melaksanakan kewajiban kita kepada Allah.

Kita meminta kepada Allah untuk memberikan kita kesehatan, tapi kita sendiri tak mampu menjaga diri untuk tetap sehat. Kita meminta kepada Allah untuk keselamatan hidup kita di dunia dan di akhirat. Tapi kita sendiri melanggar peraturan yang dibuat Allah, sehingga kita terjerumus jatuh dan membuat kesalahan yang membahayakan hidup kita sendiri.

Kita meminta rezeki yang melimpah padahal kita sendiri jarang sedekah. bekerja saja masih banyak mengeluh, bahkan kita sibuk bekerja tapi lupa kepada sang maha kuasa. Kita meminta kepada Allah agar karir kita naik dan baik, tapi kerja saja masih  asal-asalan, kerja karena ingin terlihat hebat oleh atasan. Kerja sekedarnya saja.

Kita sering meminta kepada Allah untuk mengampuni dosa-dosa kita tapi kita terus mengulangi kesalahan yang sama berulangkali.

Kita meminta Allah untuk selalu melindungi kita dari godaan dan bisikan setan, tapi kita sendiri membuka pintu untuk setan masuk dalam hidup kita.

Ketika meminta surga tapi perbuatan kita selalu mendekati neraka. Naudzubillah...
Pantaskah kita mengeluh kepada Allah dengan apa yang telah kita dapatkan selama ini?
pantaskah kita menuntut kepada Allah untuk mengabulkan doa-doa kita, sementara kita saja tidak mampu memenuhi kewajiban kita kepada Allah?
pantaskah kita mengeluh dengan apa yang terjadi? sementara kita lupa dengan apa yang telah Allah beri.

Allah akan memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Allah tidak membutuhkan kita, tapi kita yang menbuthkan Allah, jika kita ingin dekat kepada Allah maka dekatilah Dia karena sesungguhnya dia teramat dekat. Bahkan kebih dekat dari urat leher kita.

Mulailah mensyukuri apa yang telah Allah beri. Berhentilah mengeluh dan mulailah bersyukur. Biasakan memberi sebelum meminta dan ingatlah Allah dimanapun kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar