Selasa, 27 Januari 2015

Selalu Merasa Benar

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan yang lainnya. Namun sifat manusia itu sendiri tidak lah sempurna seperti fisiknya. Manusia kadang dikelilngi rasa tamak, serakah dan juga sombong. Maka tak heran jika pertengkaran, permusuhan dan perselisihan sering terjadi karena sifat dan ulah mereka sendiri.

Salah satu sifat manusia yang paling berbahya dan tanpa kita sadari selalu ada dalam diri kita adalah SELALU MERASA BENAR dan tidak ingin disalahkan. Kesombongan dan rasa ego yang tinggi bisa jadi salah satu pemicu tumbuhnya sifat ini.

Saat kita melakukan sesuatu dan ternyata yang kita lakukan salah, maka kita terkadang menolak bahwa kita telah melakukan kesalahan dan mencari objek lain yang bisa kita salahkan karena kesalahan yang terjadi.

Hati-hati juga ketka kita merasa bahwa saat kita melakukan kesalahan, kita berlaku seolah-olah bijak dengan mengatakan bahwa kesalahan yang kita lakukan adalah kehendak Allah dan pasti akan ada hikmah di balik semua kejadian ini.

Padahal kita semua tau, hidup itu adalah pilihan. sesuatu yang kita tau akibatnya adalah pilihan kita, sedangkan sesuatu yang kita tidak tau namun kita berusaha mencobanya sebaik mungkin dan ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita itu semua adalah takdir.

Waspadalah saat kita berada dalam posisi merasa benar, karena bisa jadi kita memang salah dan tidak mau mengakuinya. sehingga salah satu cara untuk membenakannya adalah kita mencari kesalahan orang lain sebagai alibi untuk menutupi kesalahan yang kita lakukan.

Jika kita memang salah maka akuilah kesalahan yang kita lakukan, jadikan itu semua sebagai bahan pembelajaran untuk kita agar kita tidak melakukannya lagi untuk yang kedua kalinya. Jangan mencoba menyalahkan orang lain karena kita tidak ingin disalahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar