Selasa, 27 Januari 2015

Mulutmu Harimau mu


Sering kali kita dengar pribahasa populer yang mengatakan bahwa mulutmu adalah harimau mu. itu artinya apa yang kita ucapkan bisa menjadi bumerang untuk diri kita sendiri dan menyerang layaknya harimau. maka dari itu berhati-hatilah dalam mengucapkan kata-kata.

Sahl bin sa'ad r.a berkata bahwa Rasululah Saw pernah bersabda : "Barang siapaun yang dapat menjaga lisan dan kemaluannya, aku jamin ia akan masuk surga." (H.R Bukhari)
Jelas sudah dalam hadis nabi menyatakan bahwa dengan lisan kita bisa masuk surga bahkan dengan lisan pula kita bisa terjerumus ke dalam neraka.

itu juga sebagai pengingat kita bahwa kita harus berhati-hati dalam berucap. lidah memang tidak bertulang. oleh sebab itu lidah dengan mudah mengucapkan sesuatu tanpa kita sadari karena terkadang tak mampu kita kontrol saat berbicara.

Al-kalaamu yanfudzu maa laa tanfudzul ibaru, perkataan itu bisa menebus apa yang tidak bisa ditembus oleh jarum. jadi berhati-hatilah dalam berucap, bisa jadi apa yang kita ucapkan membuat orang lain sakit hati. bahkan lidah mampu menembus ruang hati yang terdalam sekalipun,  dan yang perlu kita ingat tidak semua orang yang kita ajak bicara mampu menerima apa yang kita ucapkan.
Mungkin saja saat kita berbicara kita sedang bercanda, tapi lawan bicara kita bisa saja menganngap itu adalah kata menghina. kita tak akan pernah tau seberapa besar sakit hati mereka dengan kata-kata yang kita lontarkan. 
Maka berhati-hatilah saat berucap agar tidak menyakiti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar