Kamis, 29 Januari 2015

MASALAH

Kehidupan erat kaitannya dengan masalah. Bahkan semua orang juga pasti memiliki masalah. Namun ada yang mampu menyelesaikannya, ada pula yang berusaha menghindarinya.

Dalam kamus besar bahasa indonesia pengertian masalah sendiri adalah suatu persoalan yang harus diselesaikan (dipecahkan). Jadi tidak benar jika ada orang yang mencoba menghindari masalah agar masalah itu selesai. Karena masalah sendiri harus diselesaikan bukan dihindari.

Sampai kapan pun masalah akan selalu ada dalam kehidupan kita. Jadi jangan berharap masalah itu akan hilang dari kehidupa kita, karena masalah baru senantiasa ada untuk mewarnai hidup kita.

Masalah Juga datang untuk mendewasakan kita, dengan adanya masalah kita dipaksa untuk menghadapinya dan mencari solusinya, selanjutnya semua terserah kita mau berusaha keras menyelesaikannya atau menyerah pada masalah yang tak akan ada ujungnya.

Bijaklah menghadapi suatu masalah. Jangan anggap masalah itu hanya akan mendatangkan musibah. Bisa jadi dengan adanya masalah yang datang akan menghadirkan hikmah dalam kehidupan kita. Hikmah juga tidak datang begitu saja, ia hanya akan datang pada orang-orang yang mampu menanggapi masalah dengan bijak.

Hal pertama yang harus kita lakukan saat menghadapi masalah, hadapi masalah itu dan selesaikan. Jika Memang masalah itu tidak selesai, malah semakin rumit. Tetaplah berusaha semaksimal mugkin untuk menyelesaikannya. Jika belum selesai kita serahkan semua kepadaAllah SWT.

Berprasangka Baiklah pada ketetapan Allah, karena di balik masalah pasti akan selalu ada hikmah. Tapi terkadang kita terlalu fokus pada kegagalan kita yang lalu sehingga kita hanya bisa mengambil galau di balik masalahnya.

Sesulit apapun masalah yang kita hadapi, tetaplah semangat untuk menyelesaikannya, jangan pernah menyerah. Allah memberi kita masalah pasti lengkap dengan solusinya dan bersama kesulitan Allah beri kemudahan. Seperti firman Allah dalam Q.S Al-Insyirah yang artinya :
5. Sungguh beserta kesulitan itu ada kemudahan,
6. Sungguh beserta keaulitan itu ada kemudahan
7. apabila kamu telah selesai mengerjakan suatu urusan, maka tetaplah bekerja keras untuk urusan berikutnya
8. Dan hanya kepada Tuhanmu Kamu berharap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar