Kamis, 29 Januari 2015

SABAR

Sabar adalah salah satu sikap yang kita butuhkan ketika kita menghadapi masalah dan cobaan, sulit memang ketika kita mencoba untuk mempraktekannya. Tapi setidaknya dengan mencoba cara ini mebuat kita tenang ketika kita berhasil melewatinya.

Bayangkan jika saat kita menghadapi masalah dan musibah, kita sikapi dengan penuh emosi. Mungkin hanya akan ada penyesalan yang kita rasakan setelah cobaan itu berakhir. karena tanpa kita sadar kita telah menyakiti hati orang lain dengan perkataan atau tindakan kita.

Bukankah saat emosi fikiran kita didomianasi oleh amarah? sedangkan amarah sendiri adalah sifat dari setan. itu lah sebabnya kenapa saat kita emosi kita sulit menerima masukan bahkan saran sekalipun. Otak kita menolak semua hal-hal positif yang coba diberikan karena hati kita tertutup oleh emosi dan hal-hal negatif.

Bahkan ketika kita emosi, motivator kelas dunia sekalipun tak akan mampu membuat kita tenang dan meredam amarah kita jika hati dan fikiran kita masih saja tertutup oleh amarah dan emosi. cobalah tenang saat kita menghadapi masalah, tarik nafas panjang dan mulailah memohon ampun kepada Allah dengan mengucapkan istighfar.

Dalam hadist dijelaskan bahwa ketika kita marah dalam keadaan berdiri maka kita harus duduk, jika masih tetap emosi cobalah berbaring dan jika memang belum berhasil ambilah air wudhu agar mamapu memadamkan api emosi yang ada dalam diri.Itu artinya kita harus semakin merendah. Begitupun dengan hati. ketika kita sulit menerima masukan, saran dan kritikan mungkin hati kita terlalu tinggi sehingga sulit untuk dijangkau. Maka dari itu rendahkanlah hati kita agar kita mampu menerima hal-hal positif yang datang dari luar.

Sabar ketika menghadapi masalah juga membuat kita matang ketika mengambil sebuah keputusan dan meminimalisir sikap kita untuk menyakiti orang lain.Sabar itu tidak ada batasnya, hanya manusia saja yang mencoba membatasi batas kesabarannya. tugas kita adalah meningkatkan kesabaran kita seperti firman Allah dalam surat Ali-Imran ayat 200 yang artinya : " hai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu, dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung."

" Aku akan bersabar sampai kesabaran tidak mampu lagi menghadapi kesabaranku." (Imam Syafi'i).

Sulit memang ketika kita mencoba bersabar saat kita emosi atau menghadapi masalah, tapi Allah akan menggantikan kesabaran kita dengan surga.'Apabila aku menguji hamba-Ku kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.' (H.R Bukhari).

Jadi tingkatkan terus kesabaran kita sesulit apapun itu. Karena sesungguhnya Allah bersama orang-orang sabar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar