Senin, 16 Mei 2016

Ketika Jatuh Cinta

Cinta. Bagaimana rasanya ketika jatuh cinta? Sudah pasti banyak orang yang akan bilang bahagia dan berjuta rasanya. Jatuh cinta adalah fitrah manusia. Seperti firman Allah dalam Al-Quran yang artinya :“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (Surga). (QS. 3:14) 

Cinta itu datang tanpa kita minta dan dia pergi tanpa kita siap.
Lantas apakah kita boleh jatuh cinta?

Jatuh cinta itu sama seperti rasa lapar yang melanda. Tanpa kita minta, rasa lapar akan datang disaat kita tidak makan dan perut kita dibiarkan kosong begitu saja. Pun dengan cinta. Cinta itu akan datang ketika hati kita tengah "kosong" dan sudah lama tidak diisi. 😊😁

Namun hati-hati. Karena rasa lapar itu muncul tanpa kita minta, dan dia datang begitu saja. Maka pastikan makanan yang akan kita makan adalah makanan yang sehat, makanan yang baik. Agar perut kita bisa menerima makanannya dengan sempurna. Pastikan juga kita makan dengan perlahan, jangan terburu-buru jika kamu tak mau perutmu sakit karena lambung tidak bisa mencerna dengan sempurna.

Pun dengan rasa cinta. Rasa cinta itu juga muncul tanpa kita minta dan datang begitu saja ketika kita merasa "lapar". Kita juga harus tetap hati-hati. Pastikan bahwa cinta kita jatuh kepada seseorang yang tepat, dengan cara yang tepat dilakukan dengan cara terhormat diwaktu yang tepat. Pastikan pilihan kita itu baik. Karena cinta yang baik akan membawa kita pada kebaikan.

Pastikan juga kita mengungapkan rasa cinta itu dengan perlahan. Tidak usah terburu-buru. Apalagi masalah cinta dan perasaan. Biarkan dia mengalir seiring berjalannya waktu, agar dia bisa menerima dengan sempurna apa yang kita rasa.
Ingatlah, sesuatu yang datang terlalu cepat akan pergi juga dengan cepat.

Ketika rasa lapar itu datang. Pilih juga makanan yang baik agar tubuh kita tetap sehat. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk makan makanan instan. Rasanya memang enak, tapi yang instan tidak baik untuk kesehatan, dia hanya bisa membuat kita kenyang untuk sesaat. Namun tidak memiliki gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Pun dengan cinta, ketika cinta itu datang, pastikanlah kita memilih dia yang memang baik. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mencintai seseorang hanya karena kita suka dan memutuskan dengan pertimbangan yang "instan", Hanya karena mengandalkan hawa nafsu dan insting semata. Yang perlu kita ingat, segala sesuatu yang instan,  Segala sesuatu yang terburu-buru tidak akan memberikan kita kebahagiaan yang kita butuhkan. Tapi hanya memberi apa yang kita inginkan. Bisa jadi dia memberikan kebahagiaan yang kita inginkan. Tapi itu hanya sementara. Tidak bisa bertahan lama.

Jadi, pastikanlah. Ketika kita sedang lapar. Pilihlah makanan yang bergizi, makanan yang baik. Makanlah secara perlahan agar kesehatan tubuhmu tetap seimbang dan tetap stabil.

Pun dengan cinta. Ketika kita jatuh cinta, pastikan kita memilih cinta yang baik. Cinta yang mampu membuat kita semakin dekat dengan sang maha cinta. Biarkanlah cinta itu mengalir dengan sempurna secara perlahan, agar cinta itu juga bisa diterima dengan sempurna.

Dan satu hal yang mesti kita ingat, pastikan cara menyampaikan rasa cinta itu benar. Kepada orang yang benar dengan cara yang benar.
Jika kita belum mampu dan takut menyampaikan cinta, maka sampaikanlah melalui sebuah doa. Biarkan Allah yang menyimpan dan menyampaikan rasa cinta kita kepada seseorang yang tepat menurut Allah.
Wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar